Cara Mengatasi Batuk Pada Ibu Hamil

Posted on February 5, 2016 By

ibuhamilbatuk

Cara Mengatasi Batuk Pada Ibu Hamil Batuk adalah salah satu bentuk refleks yang dilakukan tubuh terhadap reaksi dari adanya suatu benda atau zat asing yang masuk kedalalam saluran pernafasan atau pada tenggorokan . Namun biasanya batuk memang sering dialami oleh seorang ibu hamil, dan batuk pada ibu hamil tersebut akan mudah sekali untuk menyerang pada ibu hamil yang dalam kondisi kekebalan tubuhnya rendah

Selama proses kehamilan, tubuh sang ibu biasanya banyak sekali mengalami perubahan, baik dalam bentuk fisik ataupun psikis. Dan pada fisik bisa ditandai dengan tenggorokan yang terasa gatal serta mengeluarkan lendir yang tentunya dapat memicu terjadinya penyakit batuk. Jika batuk yang dialami semakin parah dan tak berangsur sembuh, maka hal tersebut dapat memberikan efek yang kurang baik bagi kehamilan sang ibu

Perubahan lain yang juga bisa ikut terjadi pada ibu hamil adalah melebarnya rongga dada dan rongga perut. Namun jika batuk yang terjadi sangat parah dan keras maka dapat menimbulkan tekanan pada rongga perut. Sehingga dengan spontan mengeluarkan air kemih dan juga kotoran secara spintan.

Resiko Parah dari Batuk Pada Ibu Hamil

Batuk yang parah memang akan menimbulkan resiko yang sangat serius, mulai dari pendarahan sampai keguguran. Dan ditambah lagi apabila sang ibu pernah mengalami riwayat seperti pernah mengalami keguguran, kehamilan kembar. Resiko lainnya dari batuk yang biasa dirasakan adalah ibu hamil makan merasakan berat ketika bernafas, dan juga akan merasa sakit pada perut bagian depan. Apalagi bila usia kandungan sudah memasuki trisemester ke 3 atau usia kehamilan 8 bulan.

Cara Mengatasi Batuk Pada Ibu Hamil

Seorang ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi obat karena apapun yang dimakan dan diminum akan berdampak kepada pertumbuhan janin. Begitu pula pada saat sakit, seperti batuk.Dalam pemilihan obat batuk pada ibu hamil sebaiknya kita harus waspada, pilihlah pengobatan yang tentunya aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan janin.

Membahas mengenai cara mengatasi batuk pada ibu hamil, situsnya Ramuan Tradisional memiliki solusi yang tentunya aman untuk dilakukan ibu hamil dalam mengatasi batuk, dan berikut ini diantaranya :

  1. Mandi dengan air panas. Karena uap air panas dapat membantu melegakan sesak nafas .
  2. Berkumur dengan air hangat yang diberi garam untuk meringankan radang tenggorkan atau batuk
  3. Mengoleskan balsem atau minyak gosok pada dada untuk menghangatkan, serta oleskan juga sedikit dibwah hidung.
  4. Mengkosnumsi sup ayam hangat, karena dapat membantu melegakan hidung yang tersumbat dan mengurangi peradangan .
  5. Minum teh decaffeinated atau rendah kafein, tambahkan dengan lemon atau madu. Minuman ini dipercaya dapat memmbantu meringankan radang tenggorokan
  6. Gunakan bantal yang ditumpuk cukup tinggi ketika tidur agar posisi kepala lebih tinggi. Posisi ini berguna karena cairan dahak yang mengalir saat tidur dapat mengiritasi dinding tenggorokan.
  7.  Letakkan segelas air, balsem, atau obat-obatan lain di dekat tempat tidur ibu hamil agar cepat dijangkau ketika dibutuhkan.
  8. Dan mengkonsumsi obat herbal batuk yang aman bagi Ibu hamil

Nah itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi batuk pada ibu hamil, selain itu juga vaksinasi dan imuniasi dapat diberikan pada ibu hamil ketika kandungan berusia 27 sampai 36 minggu. Dua minggu setelah vaksinasi, kadar antibodi darah ibu hamil mencapai jumlah maksimal. Sebagai antibodi akan ditansfer ke bayi guna melindungi dari batuk rejan .

Untuk ibu hamil sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan ke dokter ataupun bidan. Dan apabila mengalami batuk yang berlangsung lebih dari 7 hari maka periksakanlah ke dokter, dan segeralah lakukan pengobatan.

Informasi     , ,


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *