Khasiat Temulawak

Posted on March 4, 2015 By

Khasiat Temulawak temulawak, – Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati dengan berbagai macam fungsi. Salah satunya temulawak (curcuma Xanthorrhiza) yang bermanfaat sebagai tanaman obat. Ciri-ciri temulawak sebagai tumbuhan jenis umbi-umbian adalah pelepah daun yang menyatu dengan batangnya, beraroma tajam, dan rasanya agak pedas.

Temulawak memiliki nama sebutan berdasarkan bahasa daerah: Koneng gede (dalam bahasa sunda) dan temo labak (bahasa madura). Khasiat kunyit besar temulawak seringkali digunakan sebagai bahan obat-obatan herbal guna menangkal suatu penyakit.

Temualak banyak dibudidayakan dalam program tanaman obat keluarga (TOGA) karena kandungan bahan-bahan kimiawi dalam umbinya yang mengandung banyak khasiat. Selain mengandung karbohidrat, temulawak juga mengandung minyak astsiri dan kurkuminoid.

Karbohidrat merupakan kandungan utama pada temulawak. Semakin tinggi ketinggian habitatnya, semakin rendah kandungan karbohidrat dan semakin tinggi kadar minyak atsiri.

Kurkuminoid berfungsi sebagai zat fungsistatik (mencegah pertumbuhan jamur) dan bakteriostatik (mencegah pertumbuhan bakteri) pada mikroba Staphylloccus. dan Salmonella sp.

Minyak atsiri yang terdiri dari senyawa trisiklin, germaken, xanthorrhizol, isofuranogermaken, dan allo-aromadendren bersifat analgetik (penghilang rasa sakit dan antikseptik (penurun demam)

Khasiat temualawak

  • Menambah Nafsu Makan

Kandungan minyak atsiri dan kurkuminoid yang terdapat dalam temulawak berperan dalam meningkatkan nafasu makan. Kurkuminoid membantu meningkatkan pengeluaran cairan empedu, sehingga aktivitas pencernaan meningkat dan minyak atisiri bekerja mempercepat pengosongan lambung, mengurangi perut kembung, sehingga mendorong munculnya rasa lapar.

  • Mengobati Penyakit Maag

Kurkuminoid juga berfungsi menetralkan asam lambung sebagai penyebab utama penyakit maag, sehingga jika sari rebusan rimpang temulawak secara teratur dapat menyembuhkan penyakit maag.

  • Membantu Detoksifikasi

Temualawak bersifat tonikum dan diuretik serta hepatoprotektor, sehingga membantu proses detoksifikasi pada organ hati. Pada beberapa uji klinis, temualawak juga digunakan sebagai obat penyakit hepatitis.

  • Meningkatkan Produksi ASI

Zat-zat kimiawi alami pada temulawak membantu merangsang hormon yang berperan dalam produksi ASI. Jika sebagai pengobatan, biasanya kita meminum sari rebusannya, khusus untuk meningkatkan produksi ASI, temulawak (diparut terlbih dahulu) diolah bersama tepung sagu atau beras ketan untuk di buat menjadi bubur dan ditambahkan gula merah.

  • Mengobati Jerawat

Sifat temulawak yang antiinflamasi dan bakteriostatik dapat membunuh kumah yang memicu timbulnya jerawat. Mengingat begitu besarnya khasiat kunyit besar temulawak, tak menutup kemungkinan kelak temulawak dapat diolah menjadi obat paten yang mendunia untuk mengobati segala jenis penyakit.

Demikianlah ulasan singkat mengenai khasiat kunyit besar temulawak sebagai tanaman obat-obatan yang baik untuk kesehatan. Semoga bermafaat

Sumber

Ramuan Tradisional Indonesia


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *